NILA GALLERY (Interior Design Consultant)

" Dengan sentuhan kami, ruangan anda akan menjadi lebih hidup "

  • Selamat Datang di Website kami.

  • Translator :

  • Koleksi Artikel NG

  • Tulisan Teratas

  • Admin NG

  • KENAPA MENGGUNAKAN WALLPAPER / WALLCOVERING ?

    Mungkin selama ini kita semua tidak mengetahui dengan lebih mendalam mengenai kelebihan menggunakan Wallpaper / Wallcovering. Tahu kah anda WALLPAPER / Wallcovering pada masakini mempunyai beberapa ciri istimewa diantaranya : 1.Mudah di bersihkan dari noda atau kotoran lainnya dengan dengan busa / lap. 2.Tahan 10 tahun lebih dan warna tetap tidak pudar. 3.Kertas dari bahan finyl yang tebal. 4.Boleh menjadikan ruang yang kecil nampak lebih besar dengan corak / motif yang sesuai. 5.Mengembalikan kesan eksklusif serta memberikan mood yang ceria. 6.Mengembangkan daya pemikiran anak2 (dengan corak/gambar khas untuk anak2 buat ruang kamar anak).
  • VERTICAL BLINDS

    Vertical Blinds adalah tirai jendela dengan pengatur cahaya/sinar matahari secara vertikal. Material komponen dari plastik, nylon & metal crome, (bukan bahan daur ulang). Track/box atas aluminium solid + cat powder coating, lebih tebal, sangat lancar pada saat pengoperasian, tidak berisik dan anti macet. Fabric/kain terbuat dari bahan Polyster/Fiber glass dilapis dengan bahan khusus, dengan teknologi yang sempurna sehingga tidak melengkung dan tahan terhadap perubahan cuaca. Tersedia 100 lebih wama pilihan dengan motif dan type fabric mudah menyatu dengan design dan interior ruangan anda, modem, minimalis & elegant cocok untuk jendela kecil maupun ukuran yang sangat besar sekalipun.

Mengubah Interior Ruangan.

Posted by Ondigo Nation Community pada 9 April 2009

INTERIOR ruangan Anda mulai usang dan terasa ketinggalan zaman? Jangan panik karena ada trik agar area dalam rumah Anda itu terlihat baru kembali. Anda kurang merasa nyaman dengan kondisi ruangan saat ini dan memerlukan suasana baru yang lebih mengikuti zaman sehingga terasa menyegarkan dan tidak monoton? Ada baiknya Anda mulai memikirkan tema dan konsep yang bakal diterapkan dalam rumah.

Tema yang dapat Anda pilih misalnya klasik, modern, ataupun tradisional. Sementara gaya adalah turunan atau unsur yang lebih spesifik dari tema, misalnya klasik Yunani, klasik Romawi, atau tradisional Jawa dan tradisional Bali. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengubah tema ruangan Anda.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengubah tema interior rumah Anda. Hal yang harus Anda perhatikan itu adalah elemen-elemen penting dalam pembentukan interior sebuah ruangan.

Elemen dinding dan warna

Sebagai elemen yang paling penting karena sangat menonjol dan langsung berada sejajar dengan level mata Anda. Bentuk dan bidangnya yang dominan akan sangat mendukung penciptaan tema ruangan. Terlebih lagi pemberian warna yang tepat bakal kembali menentukan aura ruangan yang ingin kita ciptakan.

Sesungguhnya pemilihan warna yang ingin kita gunakan merupakan pernyataan ekspresi diri serta mood dan suasana yang ingin kita ciptakan di dalam ruangan tersebut. Apakah suasana rileks dan nyaman pada area ruang keluarga kita? Atau suasana formal dan tegas yang ingin kita ciptakan pada ruang kerja kita? Kita dapat memilih warna cat utama yang bakal digunakan secara general untuk interior rumah.

Seperti biru untuk kesan segar dan tenang serta hijau untuk kesan redup dan dramatis, kuning atau oranye untuk kesan ceria, hangat, dan berenergi. Kita juga dapat memilih beberapa warna dominan sebagai pembentuk aksen dalam ruangan sehingga tidak terasa monoton.

Sekali lagi yang perlu Anda perhatikan adalah suasana yang ingin Anda ciptakan, kemudian berapa lama warna tersebut akan populer, dan seberapa kuat pengaruh warna tersebut sebagi aksen ruangan. Penggunaan satu warna dinding yang berbeda dalam sebuah ruangan akan mampu mengubah mood ruangan dan mendinamiskan ruangan tersebut.

Kebanyakan dari kita suka bermain aman dengan memilih warna putih pada sebagian besar ruangan. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba bereksperimen dengan warna-warna yang lebih tegas dan berani seperti oranye, merah, hijau, ataupun cokelat.

Warna adalah elemen yang paling murah dan mudah dikombinasikan dengan elemen-elemen lain dalam sebuah ruangan. Warna juga akan menjadi patokan bagi elemen lain untuk menentukan tema sebuah ruangan. Sekali dipilih, semuanya akan berubah dan mampu mewujudkan ruangan yang menjadi impian Anda.

Elemen furnitur

Dalam pemanfaatan furnitur yang akan digunakan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Semisal apakah furnitur tersebut masih bagus dan layak pakai? Jika memang material furnitur masih bagus dan layak pakai, kita cukup melapis ulang atau memperbaiki kembali finishing furnitur tersebut, baik dengan menggunakan warna yang sama maupun dengan warna baru yang lebih sesuai.

Nantinya tidak harus semua furnitur kita gunakan lagi. Sebagai contoh, jika asalnya ada empat buah kursi duduk rotan, maka kita dapat memilih dua kursi yang terbaik untuk kita gunakan kembali dan mengganti dua kursi lainnya dengan sebuah kursi baru ataupun sofa untuk digunakan pada ruang tamu.

Atau dapat pula Anda membeli furnitur secondhand dengan gaya yang lebih baru, yang masih dapat diperbaiki. Semisal hanya kakinya yang patah atau finishing-nya yang sedikit kusam. Perbaikan dengan cara yang tepat akan mengubah mood ruangan Anda. Dengan begitu, tampilannya menjadi lebih fresh dan sesuai dengan zaman. Namun, jika budget Anda cukup besar, maka tidak ada salahnya mengganti furnitur lama Anda dengan yang baru.

Elemen lantai

Lantai juga merupakan elemen yang tidak kalah pentingnya dalam penentuan tema sebuah ruangan. Anda dapat merombak total lantai ruangan jika memiliki budget yang cukup, atau memilih menggunakan marmer untuk mendapatkan kesan mewah dan eksklusif. Anda dapat pula menggunakan parket untuk lantai kamar tidur utama agar mendapatkan kesan hangat, alami, dan menimbulkan suasana rileks.

Jika Anda tidak ingin mengubah lantai dengan lantai baru karena Anda tidak ingin melakukan perombakan yang cukup besar atau Anda memiliki budget terbatas, maka Anda cukup melapisi lantai lama dalam ruangan dengan penutup lantai seperti karpet atau lampit sesuai dengan tema ruangan yang nanti Anda pilih.

Penggunaan karpet sendiri tentunya membutuhkan pilihan yang bijak, terutama berkaitan dengan masalah perawatan dan kebersihan. Semisal untuk ruang makan yang biasanya lebih sering terkena noda, sebaiknya dipilih karpet yang mudah dicuci, dibersihkan, dan dihilangkan nodanya.

Sementara untuk area ruang tamu atau foyer, di mana intensitas penggunaannya tidak terlalu sering, dapat dipilih karpet yang lebih mahal dan eksklusif yang tentunya disesuaikan dengan tema ruangan yang Anda pilih.

Aksesori

Pemilihan aksesori yang tepat akan membantu mendukung penciptaan tema ruangan Anda. Semisal penggunaan lukisan atau foto-foto yang bakal digantung berikut penggunaan bingkainya. Vas bunga, tempat lilin, asbak, frame foto, jam dinding, artwork, taplak meja, dan cendera mata juga dapat digunakan.

Atau dapat pula dipilih sarung bantal dan bed cover jika digunakan pada ruang tidur. Penggunaan artwork tidak harus yang baru. Anda dapat mencarinya di gudang atau membeli di pasar loak untuk di-finish ulang seperti halnya perabot. Peletakan aksesori perlu melihat kaitannya dengan perabot lain dalam ruangan seperti rak, credenza, atau lemari.

Jika ingin menjadikannya focal point, maka Anda dapat memilih yang berukuran besar, tapi dalam proporsi yang sesuai dengan besaran ruangan. Pertimbangkan dan pilihlah aksesori yang berhubungan dengan keseluruhan tema desain ruangan karena jika salah pilih, bakal menimbulkan suasana yang kurang sreg dan terasa membingungkan.

Pilihan gambar-gambar, baik berupa poster maupun lukisan dinding, yang akan dipajang pada ruangan akan sangat membantu mendukung tema pada ruangan kita. Jangan lupa untuk memilih aksesori dalam ukuran yang tepat dan proporsional dengan ruangan.

Pemilihan material

Dalam hal ini adalah material finishing berikut warnanya. Apakah menggunakan material kayu sebagai material utama yang ingin ditonjolkan atau nuansa besi dan kombinasinya? Untuk tema klasik, material utama yang digunakan adalah marmer dan granit, besi tempa maupun profil-profil klasik, baik pada dinding maupun kaki-kaki kayu meja dan kursi.

Material finishing-nya banyak menggunakan cat serta duko untuk kayu dan nuansa keemasan. Sementara pada langgam Mediteranian, banyak digunakan kayu dan besi tempa sebagai material utamanya. Nuansa yang muncul adalah terracotta atau merah bata.

Sementara untuk langgam minimalis menggunakan material modern dan futuristik, seperti kayu, batu, beton, kaca, stainless steel, dan alumunium dengan nuansa putih keabu-abuan.

About these ads

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: