NILA GALLERY (Interior Design Consultant)

" Dengan sentuhan kami, ruangan anda akan menjadi lebih hidup "

  • Selamat Datang di Website kami.

  • about.me/ninterior

  • Translator :

  • Tulisan & Halaman Teratas

  • KENAPA MENGGUNAKAN WALLPAPER / WALLCOVERING ?

    Mungkin selama ini kita semua tidak mengetahui dengan lebih mendalam mengenai kelebihan menggunakan Wallpaper / Wallcovering. Tahu kah anda WALLPAPER / Wallcovering pada masakini mempunyai beberapa ciri istimewa diantaranya : 1.Mudah di bersihkan dari noda atau kotoran lainnya dengan dengan busa / lap. 2.Tahan 10 tahun lebih dan warna tetap tidak pudar. 3.Kertas dari bahan finyl yang tebal. 4.Boleh menjadikan ruang yang kecil nampak lebih besar dengan corak / motif yang sesuai. 5.Mengembalikan kesan eksklusif serta memberikan mood yang ceria. 6.Mengembangkan daya pemikiran anak2 (dengan corak/gambar khas untuk anak2 buat ruang kamar anak).
  • VERTICAL BLINDS

    Vertical Blinds adalah tirai jendela dengan pengatur cahaya/sinar matahari secara vertikal. Material komponen dari plastik, nylon & metal crome, (bukan bahan daur ulang). Track/box atas aluminium solid + cat powder coating, lebih tebal, sangat lancar pada saat pengoperasian, tidak berisik dan anti macet. Fabric/kain terbuat dari bahan Polyster/Fiber glass dilapis dengan bahan khusus, dengan teknologi yang sempurna sehingga tidak melengkung dan tahan terhadap perubahan cuaca. Tersedia 100 lebih wama pilihan dengan motif dan type fabric mudah menyatu dengan design dan interior ruangan anda, modem, minimalis & elegant cocok untuk jendela kecil maupun ukuran yang sangat besar sekalipun.
  • Peta Lokasi

Parquet/Laminated Floor, Lantai Kayu Yang Rumit Nan Menawan

Posted by Nila Gallery Interior pada 15 Mei 2008

Koleksi Nila Gallery

Koleksi Nila Gallery

Lantai yang terbuat dari kayu umumnya lebih dikenal dengan sebutan parquet (baca: parket) atau bisa juga disebut juga Laminated Floor. Lantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Selain dapat menciptakan kesan natural dalam ruangan, parquet juga mampu meredam suara dan membuat ruangan terasa hangat.

Lantai parquet bisa diaplikasikan dengan berbagai gaya rumah, seperti gaya alami dan etnik, juga gaya minimalis dan modern, japanese style, gaya aristokrat Jawa.

Parquet biasanya terdiri dari tiga lapisan, yaitu polyfoam sebagai lapisan terbawah, plywood atau kayu lapis dan kayu parquet. Lapisan polyfoam yang bersentuhan langsung dengan lantai beton berguna sebagai peredam kelembaban dari dalam tanah sehingga kayu lebih awet, dan juga mampu mengurangi penyerapan suhu dingin dari dalam tanah.

Lapisan plywood pada parquet berfungsi menjaga kestabilan lantai dengan cara mengatur susut muai lantai yang diakibatkan oleh suhu udara yang cukup tinggi. Lapisan plywood biasanya terbuat dari kayu yang empuk dan lapisan parquet yang terletak paling atas dibuat dari kayu solid seperti jati, oak, mapel, chery, kempas, merbau serta nyatoh.

Namun sangat disayangkan, parquet tidak dapat digunakan di semua jenis ruangan terutama di daerah yang lembab mengingat bahan dasarnya yang menggunakan kayu. Bila dipasang pada tempat yang lembab malah dapat merusak kayu dan mengeluarkan bau. Selain itu lantai parquet juga tidak terlalu tahan terhadap goresan dan terlalu sensitif. Ruang yang paling cocok dipasang lantai jenis ini adalah kamar tidur karena aktivitas di kamar tidur tidak terlalu tinggi dan bukan ruang publik.

PERAWATANNYA

Untuk menjaga parquet tetap indah dan awet, maka perawatannya perlu dilakukan dengan hati-hati. Agar tidak mudah tergores, saat membersihkan lantai kayu gunakan sapu yang lembut berbahan bulu atau dengan penyedot debu. Agar tak menimbulkan goresan, Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang. Barang sebaiknya diangkat dan alas furnitur sebaiknya dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai. Alas kaki atau sepatu yang digunakan juga sebaiknya tidak tajam dan keras.

Meski banyak produk lantai paket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, untuk menjaga keawetannya, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parquet. Untuk itu gunakan lap kering agar air tak merembes ke dalam pori-pori kayu. Jangan pernah mengepel lantai parquet, karena genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu. Selain itu dengan meningkatnya kelembaban pada parquet, dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis, akibatnya joint atau sendi parket bisa lepas sehingga kalau diinjak lantai akan berbunyi atau berderak.

Sebaiknya jika memilih menggunakan lantai parquet, mintalah perusahaan tempat Anda memesan untuk menyuntikkan anti rayap pada parquet.

Agar warna kayu tidak mudah pudar akibat sinar matahari, sebaiknya sering menukar letak perabot di ruangan yang menggunakan parquet. Biasanya perusahaan juga menyediakan pelayanan steam setiap 6 bulan sekali untuk memelihara warna dan kebersihan parquet. Selain itu ada cara yang lebih mudah untuk menjaga parquet tetap kemilau, yaitu memolesnya dengan minyak lemon satu bulan sekali. Selain menambah kilau dan menimbulkan aroma segar, minyak lemon juga aman bagi aktivitas keluarga.

Bila lantai parquet sudah berusia tua, Anda perlu melakukan finishing ulang. Kemilau dan warnanya biasanya juga memudar seiring dengan usia.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: