Unsur Desain dalam Interior: Warna dan Maknanya

Kita sudah mengenal beberapa makna dari warna yang secara umum cukup dikenal luas. Warna memiliki makna, baik secara budaya, maupun psikologis. Dengan mengenal arti sebuah warna kita bisa lebih tepat dan bijaksana menerapkan warna pada ruang-ruang yang kita rencanakan. Kali ini kita akan lebih jauh mengenal tiga warna berikutnya beserta makna-makna yang dikenal atau dirasakannya.

Warna Merah

Merah termasuk dalam kelompok warna hangat. Sesuai sifatnya, warna ini cenderung menghangatkan suasana. Sentuhan warna merah secara psikologis meningkatkan aktivitas kerja seseorang. Warna merah yang dominan justru memberi suasana cenderung panas, seperti panasnya api membara.

Pada kondisi tertentu penggunaan warna merah baik untuk meningkatkan gairah, semangat ataupun kecepatan kerja. Ruang belajar anak bisa ditambahkan unsur merah untuk merangsang anak belajar lebih giat. Warna merah juga sering dilambangkan dengan bentuk hati yang berwarna merah, lambang romantisme cinta.

Satu sisi dinding pada ruang tidur utama yang diberi warna merah atau merah hati bisa meningkatkan suasana dan gairah cinta, mungkin cocok untuk pasangan muda atau pasangan yang ingin hubungan cintanya lebih intim lagi. Namun kita harus berhati-hati pula dengan warna merah yang bisa diartikan sebagai ketidaksabaran, sifat agresif, sehingga jika terlalu dominan berada pada ruang keluarga, atau ruang tidur misalnya bisa justru meningkatkan temperamen penghuni yang mungkin sudah cukup tegang atau lelah setelah sepanjang waktu bekerja di luar rumah.

Warna Merah Jambu

Sedikit berbeda dengan warna merah, warna merah jambu atau mungkin sering dikenal sebagai warna pink, memiliki intensitas panas yang jauh di bawah warna merah. Warna ini cenderung bersifat lembut dan cukup menenangkan. Kalau kita tengok, banyak rumah sakit atau mungkin lebih sering dijumpai di rumah sakit ibu anak, warna merah jambu ini mendominasi ruangannya.

Ya, warna ini selain menenangkan juga memberi pengaruh pada rasa melindungi dan menenteramkan sang penghuni. Ruang tidur bayi perempuan seringkali diberi simbol dengan warna pink ini, suasana melindungi, kasih sayang juga terasa kuat dengan hadirnya warna merah jambu ini.Warna ini cenderung tidak disukai oleh kebanyakan pria yang maskulin dan menyukai kegagahan.

Namun demikian, untuk memperlunak suasana pada ruang yang terlalu berkesan maskulin bisa kita beri sentuhan ornamen atau pernik-pernik berwarna merah atau merah jambu yang menyegarkan.

Warna Ungu

Warna ini lebih dingin lagi dari warna merah dan merah jambu. Warna ungu yang tegas mungkin sering kita lihat pada pakaian kebesaran raja-raja di Eropa, atau digunakan sebagai latar belakang ruang dalam kastil atau kerajaan-kerajaan kolonial yang sangat anggun dipadu dengan warna dan tekstur batu-batu pualam putih yang luas dan megah.

Ya, warna ungu atau juga sering disebut sebagai warna nila sering dikaitkan dengan ruangan yang anggun, sesuatu yang agung yang megah. Ruang tidur, ataupun ruang keluarga yang dibalut dengan unsur ungu atau nila terasa lebih anggun, lebih inspiratif bagi sang penghuni rumah.

Seringkali orang mengatakan kalau orang yang menyukai warna ungu dia lebih sensitif, lebih dalam atau mungkin lebih pengertian. Makna-makna psikologis seperti ini bisa juga kita terapkan untuk memberi atau mengangkat tema-tema tertentu pada ruang-ruang kita di rumah.

Iklan